2013-03-11

Pentingnya pemanfaatan komputer dalam bidang akutansi



          Dalam era seperti sekarang ini penggunaan komputer sangat diperlukan dalam berbagai hal, salah satunya dalam dunia akutansi. perkembangan dunia komputer dalam banyak hal sangat mempengaruhi pola hidup masyarakat, terutama sudal menjadi gaya hidup yang sudah tidak bisa lagi dipisahkan pada masyarakat zaman ini karena sudah menjadi bagian dari mereka.
          
           penggunaan dan perkembangan dunia komputer tidak hanya dirasakan oleh para ahli, mauoun orang - orang yang bekerja dalam bidang komputer itu sendiri, melainkan dalam banyak hal. salah satu manfaatnya adalah dalam dunia akutansi. dalam dunia akutansi, penggunaan dari aplikasi komputer sangat membantu pekerjaan sehari - hari. karena dengan adanya aplikasi dari komputer yang berhubungan dengan dunia akutansi ini memungkinkan para pekerja yang bekerhja dibidang akutansi tidak lagi mengalami kesuluitan dalam hal :
  • mencatat transaksi yang terjadi setiap hariannya
  • membuat jurnal umum (general journal) dengan mudah, yaitu hanya tinggal mempost bagian debet dan kreditnya saja
  • membuat/memposting buku besar (general ledger)
  • membuat laporan keuangan yang diantaranya membuat laporan L/R (income report), laporan perubahan modal, neraca (balance sheet), dan lain sebagainya.
          salah satu aplikasi yang digunakan dalam dunia akutansi yang menggunakan aplikasi komputer yaitu MYOB, ZAHIR, DEA, dan lain sebagainya.
penggunaan komputer dalam segala bidang seperti saat ini sudah menjadi tuntutan dalam dunia modern, karna semua yang dulunya dijalankan secara manual, kini sudah dijalankan secara otomatis oleh komputer agar hasilnya dapat lebih efektif dan efisien. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar